15 Tips Memulai Bisnis yang Sukses

Kalian ingin memulai bisnis kalian sendiri? Apa yang perlu kalian lakukan untuk memulai sebuah bisnis baru? Ada banyak situs web termasuk situs kami yang memiliki daftar dan tips sukses belajar bagi kalian yang ingin memulai sebuah bisnis yang keren. Tips ini walaupun hanya sebuah langkah-langkah permulaan, namun tips ini adalah tips sukses yang harus kalian lakukan.

Banyak orang memberi tahu apa yang harus mereka lakukan untuk membangun bisnis tanpa memberikan saran dan tips tentang apa yang harus dilakukan dalam menciptakan bisnis keren. Kalian tidak akan sukses jika kalian hanya menyelesaikan apa yang kalian inginkan saja atau apa yang menurut kalian bagu.

Banyak hal yang harus dipelajari saat memulai bisnis. Dalam berbisnis pun kita juga harus belajar dari pengalaman selama bisnis tersebut berjalan, sehingga bisa untuk evaluasi bisnis tersebut atau untuk bisnis baru yang akan kalian buat. Berikut 15 tips memulai bisnis dan membuat kalian sukses.

15 Tips Memulai Bisnis yang Sukses

1. Kenali diri kalian, tingkat motivasi, jumlah modal, dan apa yang ingin kalian lakukan agar dibilang SUKSES

Tentu kita ingin menghasilkan banyak uang karena memang itulah standar tujuan dari kesuksesan. Namun apa yang akan kalian korbankan untuk mencapai hal itu? Berapa jam seminggu yang anda pakai untuk berfikir dan bekerja? Seberapa jauh kalian ingin meninggalkan zona nyaman? Agar sukses, kalian perlu mempertahankan rencana bisnis kalian agar sejalan dengan tujuan dan sumber daya diri kalian.

2. Pilih bisnis yang tepat untuk diri kalian

Kunci sukses adalah menemukan kebutuhan kalian yang belum terpenuhi, yang ingin kalian penuhi, dan hal itulah yang akan menghasilkan pendapatan yang cukup untuk memulai bisnis yang menguntungkan sesuai dengan keinginan kalian. Kalian harus memilih bisnsi yang tepat dengan minat diri kalian sehingga kalian bisa menjalankan bisnis dan bisa sejalan dengan mimpi kalian juga.

✅REKOMENDED:  Cara Bertahan Hidup Tanpa Pekerjaan Saat Pandemi

3. Pastikan bisnis yang akan kalian jalankan memiliki market atau pasar

Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan oleh pemula ialah beramsusi bahwa banyak orang akan membeli produk atau layanan mereka. Kebanyakan dari mereka hanya melihat dan berpendapat. Padahal bisa saja yang mereka lihat hanyalah 1-3 orang, kita tidak tahu apakah jika dibandingkan dengan banyak orang diluar sana mereka juga akan membelinya. Sebelum memulai kalian bisa melakukan survei untuk menentukan bisnsi kalian terlebih dahulu, beriklan dengan survei untuk mendapatkan data minat, lokasi, umur, dll.

4. Perhatikan pesaing atau kompetitor kalian

Apapun bisnis yang akan kalian mulai, kalian pasti memiliki saingan. Bahkan jika tidak ada bisnis lain yang menawarkan tepat sesuai dengan bisnis kalian. Karena kita memulai bisnis baru pasti memiliki gambaran dari bisnis orang lain. Untuk menjadi sukses, kalian perlu meneliti pesaing kalian dan mencari tahu sebanyak mungkin tentang apa yang mereka jual, jenisnya, dan bagaimana cara mereka menjualnya.

5. Rencanakan untuk sukse

Jika kalian tidak mencari investor dalam jumlah besar kedalam bisnis kalian, kalian mungkin tidak memerlukan rencana bisnis yang rumit. Namun kalian masih membutuhkan rencana untuk tujuan kalian sendiri, yaitu sukses. Jangan pernah kalian mencoba masuk kedalam bisnis namun hanya untuk coba-coba, karena itu bisa saja sebuah kegagalan. Berencanalah untuk sukses sehingga jika kalian gagal kalian bisa tahu apa penyebab ketidak suksesan kalian tersebut sehingga bisa berguna untuk bisnis baru kedepannya.

6. Jangan menunda-nunda

Ketika kalian ingin memulai bisnis jangan menunda bisnis yang akan kalian jalankan karena hal kecil. Misalkan jika kalian belum menyelidiki sampai setiap detail bisnis yang akan kalian jalankan. Hal ini akan membuat bisnis kalian dikerjakan lebih dulu oleh kompetitor/orang lain tanpa memberikan kesempatan bagi kalian. Jika kalian mencoba untuk membuat semuanya sempurna sebelum memulai atau meluncurkannya, maka kalian mungkin tidak akan pernah memulai bisnis kalian.

✅REKOMENDED:  7 tips untuk memilih bisnis internet dari berbagai peluang bisnis

7. Mulailah perlahan dalam skala kecil

Beberapa orang percaya bahwa pengusaha adalah mereka yang mengambil resiko. Namun bagi sebagai besar, pengusaha sukses tidak suka berjalan dengan mata tertutup. Sebaliknya, mereka mengambil resiko yang bisa mereka kendalikan. Merek menguji sebuah ide dalam skala kecil, baru kemudia mengembangkan ide yang berhasil dalam skala besar.

8. Jangan terpaku pada kesalahan sehingga kehilangan semangat

Perbedaan orang sukses dan orang lain adalah bahwa orang sukses belajar dari kesalahan mereka lalu memperbaiki dan terus maju. Mereka tidak memikirkan kegagalan, menyalahkan ekonomi, dan mengutuk nasib. Jika jalan menuju tujuan mereka diblokir, mereka akan mencari jalan alternatif untuk bisa mencapainya.

9. Belajar dari orang lain

Temukanlah mentor dan motivator, bergabunglah dengan grup dengan orang yang berpikiran sama dengan kalian. Pelajari segala bidang dalam industri kalian dan pikirkan bagaimana cara untuk mencapai posisi yang kalian inginkan. Kalian bisa menghadiri seminar dan mengunjungi bisnis industri orang lain. Dengan begitu kalian akan mengurangi kemungkinan trial & error yanga akan kalian dapatkan dengan itu.
10. Pikirkan apa yang akan kalian lakukan sebagai seorang Pebisnis

Pantau pendapatan da pengeluaran bisnis anda, dan pisahkan hal tersebut, yaitu anda modal, pendapatan, pengeluaran, dan dana pribadi kalian sehingga baik data untuk bisnis dan dana pribadi tidak saling terambil untuk keperluan lain.

11. Pahami perbedaan antara bekerja untuk diri sendiri dan membangun bisnis yang berkelanjutan

✅REKOMENDED:  Metode Kakeibo, Cara Unik Menyimpan Uang dari Jepang

Jika kalian ingin membangun bisnis, kalian perlu mengembangkan sistem dan metode yang memungkinkan untuk mempekerjakan orang lain untuk melakukan perkerjaan bisnis yang kalian rencanakan. Anda akan membatasi proses pertumbuhan jika kalian tidak mengajak orang lain bekerja untuk kalian.

12. Kenali Investor

Hal ini jika bisnis yang akan kalian jalankan mendapatkan dana dari investor bukan dana kalian sendiri. Kenali investor kalian dengan baik dan pastikan bahwa investor tersebut sejalan dengan langkah dan tujuan kalian. Cari dan dapatkan investor dari pertemuan atau seminar yang mereka adakan.

13. Belajarlah tentang pemasaran digital.

Dunia digital memanglah berkembang dengan pesat dan sangat menguntungkan bagi perkembangan bisnis jika digunakan dengan baik. Kalian bisa belajar pemasaran digital melalui internet. Pemasaran secara digital bisa kalian lakukan dengan beriklan atau melakukan hal lain seperti endorse, paid promote, dll.

14. Tempatkan diri kalian diluar bisnis kalian

Cobalah untuk menempatkan diri kalian diluar bisnis kalian sendiri. Kalin bisa membantu orang lain berbisnis atau bisa juga membuatkan bisnis kecil untuk orang lain, misalkan ide bisnis stan makanan/minuman kecil-kecilan supaya bisa membantu orang lain berbisnis dari hal yang kecil.

15. Jangan pernah berhenti belajar dan mencoba hal baru

Apa yang menguntungkan kalian saat ini, belum tentu akan menguntungkan kalian di 10 tahun mendatang. Maka kalian perlu belajar pula dari orang lain yang sudah melangkah 10 tahun lebih cepat dari kalian. Menganalisa ide baru sehingga bisa kalian terapkan dan akan menguntungkan di 10 tahun yang akan datang. Kalian mungkin bisa membayangkan tren apa yang akan ada di tahun depan, kira-kira bisnis apa yang akan menjanjikan, dan akan banyak peminatnya. Maka teruslah berpikir dan berkreasi tentang hari esok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *