Cara Bertahan Hidup Tanpa Pekerjaan Saat Pandemi

Dalam situasi pandemi ini memang sangat sulit dalam mencari bekerjaan. Bahkan yang sedang bekerjapun terancam terkena PHK akibat kegiatan produksi dan ekonomi yang menurun sehingga perusahaan-perusahaan tidak sanggup untuk menggaji karyawan. Tanpa pekerjaan akan membuat kondisi ekonomi semakin buruk.

Situasi pandemi memang dirasakan oleh semua kalangan, semua kalangan menjadi susah karena situasi yang tidak biasa ini. Banyak orang yang kehilangan penghasilan sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Cara Bertahan Hidup di Situasi Pandemi Tanpa Pekerjaan

Pandemi covid-19 tidak terjadi hanya dalam 1 minggu atau 1-2 bulannya saja namun sudah hampir setengah tahun kita berada dalam situasi pandemi. Di tengah situasi ini tentunya kita harus bisa bertahan hidup, dengan bantuan atau tanpa bantuan. Berikut cara bertahan hidup dalam masa pandemi:

Tetap Tenang & Positif

Dalam kondisi saat ini anda haruslah tetap tenang dan terus berpikir positif, hal ini supaya kita bisa mengambil tindakan dengan benar dan kepala dingin. Kecemasan malah akan menambah permasalahan dan mempengaruhi kesehatan mental dan jasmani kita. Padahal ditengah pandemi kita diharuskan menjaga sistem imun tubuh kita.

✅REKOMENDED:  5 Usaha Bisnis Sampingan Yang Bisa Dilakukan di Rumah

Jadi anda harus tetap tenang dan jika ada teman/orang lain disekitar kita yang panik, bantu mereka untuk menenangkan diri dan selalu jaga kesehatan anda. Selalu berfikir positif walaupun tidak memiliki pekerjaan, namun dengan berfikir positif maka bisa memberikan semangat untuk mencari pekerjaan dan bertahan hidup.
Susun dan Atur Pengeluaran Bulanan Anda

Anda harus menyusun pengeluaran yang biasa anda keluarkan setiap bulannya. Jika anda memiliki cicilan maka perhatikan kapan jatuh tempo cicilan tersebut. Gunakan uang tabungan atau benda berharga lain yang bisa diuangkan dengan segera untuk menutup cicilan dan sisanya untuk keperluan bulanan lain.

✅REKOMENDED:  15 Tips Memulai Bisnis yang Sukses

Dalam keadaan seperti ini anda harus mencoba untuk berhemat sebisa mungkin dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu agar bisa bertahan hidup tanpa pekerjaan. Gunakan rincian pengeluaran yang telah dibuat untuk menyusun skala prioritas pengeluaran apa yang harus segera diselesaikan.

Cari Cara Mencari Penghasilan dan Bertahan Hidup Tanpa Pekerjaan

Setelah semua pengeluaran sudah tersusun, masalah jika kita tidak memiliki tabungan atau pekerjaan yang menggaji secara full seperti biasa maka kita perlu mencari pekerjaan/penghasilan tambahan. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan skill yang dimiliki tanpa harus memandang besaran gaji.

Selain itu, anda juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan lain dengan memanfaatkan situasi pandemi dengan berjualan masker atau membuat faceshield untuk dijual. Untuk mengurangi resiko tertular covid-19 bisa mulai berjualan melalui marketplace shopee atau tokopedia.

Bantu Orang Lain Yang Lebih Susah dari Kita

✅REKOMENDED:  6 Model dan Contoh Bisnis E-Commerce Terbaru di Indonesia

Di tengah pandemi, semua orang merasakan dampaknya. Maka dari itu, kita semua harus berjiwa sosial dengan membantu orang lain yang keadaanya lebih susah dari kita. Kalian harus tetap semangat dan peduli orang lain sehingga bisa bertahan hidup tanpa pekerjaan. Hal ini supaya kondisi ekonomi bisa lebih baik dan perekonomian dalam negeri juga tidak ambruk.

Selain itu, membantu orang lain juga dapat meningkatkan pintu rejeki kita. Kondisi saat ini membuat semua orang harus berubah dalam melakukan aktifitas seperti biasa. Misalkan dipabrik/kantoran mungkin akan melakukan pengurangan karyawan atau jam kerja agar bisa sesuai dengan protokol New Normal.

Maka tentunya hal ini akan menurunkan penghasilan atau bahkan tidak ada penerimaan lowongan pekerjaan di tengah pandemi. Maka dari itu, kita harus terus berusaha untuk mencari penghasilan secara mandiri supaya kita bisa bertahan hidup di tengah pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *