Metode Kakeibo, Cara Unik Menyimpan Uang dari Jepang

Banyak orang mungkin kesulitan ketika mereka hendak menyimpan uang yang baru mereka dapat. Kesulitan seseorang dalam berhemat ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup, kebutuhan, royal berlebihan, dll. Hal ini tentunya membuat orang sulit untuk menyimpan uang mereka untuk kebutuhan lainnya yang bersifat mendadak.

Namun, kesulitan tersebut bisa diatas dengan belajar untuk menyimpan uang serta mendapatkan motivasi-motivasi untuk bisa berhemat. Misalkan motivasi untuk menikah atau memiliki rumah sendiri. Untuk cara belajar berhemat setiap orang berbeda-beda, ada yang sejak kecil sudah diajari untuk berhemat.

Di Jepang sendiri ternyata ada metode untuk belajar menghemat uang yang bernama Kakeibo. Kakeibo (dibaca: kah-keh-boh) ini merupakan metode pendisiplinan dan kedetailan dalam menyimpan uang.

Apa itu Metode Menyimpan Uang Kakeibo?

✅REKOMENDED:  7 tips untuk memilih bisnis internet dari berbagai peluang bisnis

Kekeibo adalah metode pengaturan menyimpan uang atau menghemat/menabung yang berasal dari Jepang. Kakeibo ini diciptakan oleh jurnalis perempuan bernama Motoko Hani. Tujuan dari metode kakeibo ini ialah agar kondisi keuangan semakin tertata sehingga bisa menabung serta dapat mencapai tujuan hidup dari hasil tabungan.

Metode kakeibo ini memiliki 5 langkah yang harus dipraktekan supaya bisa mencapai tujuan hidup. Berikut ini 5 langkah yang harus diterapkan menurut metode kakeibo.

1. Catat Seluruh Sumber Pemasukan

Langkah pertama dalam metode menyimpan uang kakeibo ialah mencatat sumber keuangan yang kita dapatkan. Dengan mencatat seluruh sumber pemasukkan maka kita bisa mengatur berapa pengeluaran yang harus dikeluarkan. Sumber pendapatan ini bukan hanya sekedar gaji bulanan namun juga pendapatan lainnya, misalkan hasil menjual barang bekas, handphone lama rusak, dll.

✅REKOMENDED:  15 Tips Memulai Bisnis yang Sukses

2. Buat Daftar Kebutuhan Anda

Anda perlu mencatat setiap kebutuhan yang anda miliki dengan rinci. Kebutuhan yang anda miliki tentunya ada yang tetap dan ada yang bertambah/berkurang. Urutkan kebutuhan anda tersebut dari yang pokok, sekunder, dan tak terduga. Misalnya:

Kebutuhan pokok: makanan/minman, listrik, pulsa, transportasi, dll.
Sekunder: rekreasi, makan diluar, nonton film, konser, dll.
Kebutuhan tak terduga: sakit, asuransi, dll.

3. Membuat Amplop Metode Kakeibo dan Menyimpan Uang Kedalamnya

Langkah ke-3 inilah yang menjadi ciri kakeibo. Setelah anda membuat rincian kebutuhan (langkah 2) maka anda harus membuat amplop dan mengisi amplop tersebut dengan uang sesuai dengan kebutuhan yang sudah dirincikan. Nah sisa dari setiap amplop kebutuhanmu tersebut bisa kamu gunakan untuk ditabung.

✅REKOMENDED:  5 Usaha Bisnis Sampingan Yang Bisa Dilakukan di Rumah

4. Mencatat Pengeluaran

Langkah selanjutnya dalam metode menyimpan uang kakeibo adalah dengan mencatat pengeluaran ini akan memudahkan kamu dalam menghitung sisa uang yang kamu keluarkan. Pencatatan akan membuat sisa uang menjadi jelas dan mudah bagi kita untuk mengalokasikan untuk ditabung untuk tujuan hidup yang diimpikan.

5. Evaluasi

Langkah terakhir adalah evaluasi. Dengan evaluasi maka anda bisa tahu dan sadar apakah anda selama bulan tersebut boros atau tidak sehingga bisa menjadi pertimbangan dalam menggunakan uang untuk bulan berikutnya. Evaluasi menjadi sangat penting walaupun sangat sederhana bagi beberapa orang.

Jika diakhir bulan terjadi tidak kesesuaian makan bisa menjadi pembelajaran untuk bulan berikutnya. Jika sesuai maka anda berhasil menjalankan cara metode menyimpan uang kakeibo dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *